Ceramah Isra Mi’raj di Kampus UIM ,KH Syamsul Bahri Tekankan Sholat Berjamaah

Makassar ,- Sekertaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel Dr KH Syamsul Bahri Abd Hamid Lc MA mengisi ceramah Isra Mi’raj di Masjid As-Sahabah Universitas Islam Al Ghazali (UIM) Makassar pada Selasa (7/2/2024).

Dalam penyampaiannya KH Syamsul Bahri menekankan pentingnya sholat berjamaah di Masjid.

“Seperti diketahui bahwa shalat berjamaah adalah salah satu ibadah yang diberi keutamaan oleh Allah SWT berupa perolehan 27 derajat bahkan dilipat gandakan sampai 25 kali.Keutamaan ini tidak akan didapatkan oleh orang yang melaksanakan shalat dengan sendirian, ” kata KH Syamsul Bahri.

Ia mengutip hadis nabi tentang keutamaan sholat berjamaah yang bernilai pahala 27 derajat sebagaimana hadis nabi ” Shalat berjamaah melampaui shalat sendirian dengan (mendapatkan) 27 derajat. (HR Bukhari) 

Lanjutnya dengan begitu, dapat dipahami bahwa betapa ruginya jika seseorang melaksanakan shalatnya dengan tanpa jamaah. Hal tersebut mengingat besarnya pahala yang didapatkan oleh orang yang melaksanakan shalat secara berjamaah. 

“Tak hanya pahala sholat berjamaah saja bahkan duduk di masjid untuk menunggu waktu sholat saja dihitung sebagai orang sholat yang berpahala sholat, ” katanya dihadapan dosen dan mahasiswa.

Lanjutnya ketika nabi Isra Mi’raj maka setiap perjalanan nabi singgah sholat di Betlehem, pusara Nabi Musa as dan Masjidil Aqsha, hingga menerima perintah sholat 5 waktu langsung dari Allah swt.

Dalam perjalanan Isra Mi’raj nabi tetap sholat sebelum menerima perintah sholat 5 waktu. Sholatnya Nabi Muhammad Saw sebelumnya mengikuti ajaran shalat Nabi Ibrahim as. “Nabi dalam Isra Mi’raj sholat terus bahkan setiap tingkatan hingga menerima perintah sholat 5 waktu dari Allah swt, ” ungkapnya.

KH Syamsul Bahri juga mengingatkan keutamaan Bulan Rajab sebagai pembuka keberkahan untuk semua musim ibadah yaitu rajab, Sya’ban dan Ramadhan.

“Seluruh amalan yang kita lakukan di bulan berikutnya akan dibuka dengan keberkahan bulan Rajab ini . Sebagai hadis nabi “Ya Allah berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikan (usia) kami berjumpa Ramadhan”.

Acara Isra Mi’raj ini dirangkaikan dengan pembacaan Resolusi Rajab dengan 7 poin “Mewujudkan Identitas Muslim Dengan Sholat Berjamaah” yang dipimpin oleh Dr KH Masykur Yusuf M Ag.

Acara ini dihadiri oleh Rektor UIM Al- Ghazali Prof Dr KH Muammar Bakry Lc M Ag dan Pengurus Yayasan Prof Dr Hj Ir Majdah M Zain M Si dan Sivitas Akademika UIM Al-Ghazali.

Irfan Suba Raya

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *