Peletakan Batu Pertama (Ground Breaking) Pembangunan Tugu Izakod Bekai,Izakod Kai(satu hati,satu tujuan)

Papua,-Merauke Papua Selatan
Turut hadir Unsur pimpinan Forkopimda Kabupaten Merauke,tokoh agama dan tokoh Adat dan Toko Masyarakat.
Tugu 137 dengan moto Izakod Kai Izakod Bekai”Satu Hati satu Tujuan”yang terdapat di Kelurahan Kamundu Poros Simpang tiga Jl.Raya Jembatan Tujuh Wali-wali kelurahan Kamundu, Merauke,Papua Selatan. Rabu (08/05/2024).

Ini Pernyataan Abieser Awibouw Yogi A.P.,M.Si Lurah Kamundu Peletakan Batu Pertama Tugu Izakod Kai,Izakod Bekai(satu hati satu tujuan) tugu ini serupa dengan Bentuk Sarang Semut atau Musamus.

“Filosofi dasarnya Tugu Izakod Kai Izakod Bekai di ambil dari Rumah Semut atau Musamus ini dinilai memiliki cara kerja yang luar biasa dalam mengerjakan suatu struktur bangunan yang luar biasa, Cara kerja inilah yang mengispirasikan hati sang pegagas “.Yogi sapanya.

“Tunggu 137 ini sebagai monumen,
Sekaligus sebagai momentum dan sebagai muvmen atau sebuah gerakan pemersatu dalam aspek kehidupan,dari alam sampai dengan manusianya”.tuturnya

Musamus diambil untuk menjadi satu aikhol kota Merauke yang mana Merauke menjadi pusat ibukota Provinsi Papua Selatan,juga di sinyalir dari empat kabupaten kota di provinsi Papua Selatan yang memiliki Moto masing-masing sangat mirip maka dipersatukan dengan Tunggu Pemersatu yaitu” Tunggu Izakod Bekai Izakod Kai (satu hati satu tujuan)”. ucapnya

baik dalam segala aspek kehidupan dan akan menciptakan suatu pembangunan yang berkelanjutan”

Moto “Izakod Bekai, Izakod Kai (satu hati,satu jutuan) juga ampir sama dengan moto empat kabupaten kota yang terdapat di Provinsi Papua Selatan, ini menjadi dasar pemikiran sehingga tugu inipun akan menjadi tugu pemersatu dalam menjaga kebhinekaan kehidupan berbangsa dan bernegara.ucapnya.

Apalagi Sarang semut ini cuma terdapat di tiga benua di dunia yaitu benua Australia, Benua Afrika dan Benua Asia.

Penggagas Tunggu 137 Kamundu juga menegaskan bawah telah menyatukan semua aspek filosofis yang terdapat di provinsi Papua Selatan dengan menyatukan semua moto empat kabupaten.

“Arti dari 137 yang terdapat nanti di tugu pemersatu, satu artinya Pemersatu,tiga artinya keseimbangan, Keadilan dan kedamaian hati.Tujuh artinya Untuk mencapai Tujuhan Bersama”.ucapnya

“Tugu 137 Izakod Bekai, Izakod Kai ini sendiri memiliki filosofi yang akiki sebab motonya bersinergi juga dengan semboyan bhineka tunggal Ika, walaupun berbeda-beda suku bangsa,rasa dan agama namun tetap satu dalam bhinneka Tunggal Ika. Tutupnya.(N)

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *