Pengusaha Jaringan Internet RDP  Bersama Komisi C DPRD Terkait Penertiban Izin Provider Jaringan Internet di Makassar

MAKASSAR,- Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait semrawutnya kabel jaringan internet di Kota Makassar. Kamis, 12 Oktober 2023.

RDP ini dihadiri Pimpinan Komisi dan Anggota; Sangkala Sadiko, Nunung Dasniar, Fasruddin Rusli, Andi Suharmika.

Instansi terkait juga turut hadir yakni; Dinas PU Makassar, Dinas Pertanahan Makassar, Diskominfo Makassar, DPMPTSP Makassar, Dishub Makassar, Camat Mariso dan Tallo.

Pihak provider juga hadir di antaranya pimpinan PT Telkom, PT Eka Mas Republik, PT Indonesia Komt Plus, PT Solusi Importe, PT XL Axiata, PT 224 Telekomunikasi, PT Multimedia Nusantara, PT Internet Technologies, PT Global Indo, PT IBS, PT Iconet, PT Cendikia Global, PT Citra Celebes Multimedia. 

Pembawa Aspirasi dari Lembaga Anti Korupsi Nasional (LAKIN), Dirga Saputra mengatakan bahwa melihat kondisi Makassar sudah kritis terkait persoalan kabel dan tiang fiber optik.

“Telah kami usut persoalan ini ternyata di PTSP cuman ada 12 provider terdaftar selebihnya tidak terdaftar, perlu juga dipahami provider lain tidak ada niatan baik provider dari tahun ke tahun sehingga saya ajukan RDP ini,” ujarnya.

Lewat RDP ke-2 ini, Dirga menegaskan bahwa akan ada pencabutan dan segera dilakukan penertiban provider.

Sangkala Sadiko juga menerangkan bahwa hanya ada 12 provider terdaftar, ada yang pernah ada isinya tapi tidak diperpanjang lagi dan bahkan ada yang tidak berizin tapi melakukan kegiatan.

“Semestinya para provider memberikan kontribusi ke Pemkot Makassar. Di mana pendapatan daerah makassar ditarget 2 triliun tapi sampai sekarang tidak tercapai karena kontribusi pajak provider tidak signifikan.

Sementara itu, Dinas PU Makassar menyampaikan beberapa temuan di lapangan banyak yang tidak memiliki izin utuh dalam pemasangan kabel fiber optik.

“Saat ini kurang lebih 470 tiang sudah dicabut dan diamankan di Dinas PU. Maka kami menuntut percepatan perizinan dan kerja sama dari provider,” tuturnya.

Selain itu, PTSP Makasaar, Faisal Burhan mengatakan bahwa kondisi Makassar semrawut dengan aktivitas pemasangan kabel.

“Empat resiko ditimbulkan bidang usaha pemasangan jaringan masuk kategori resiko tinggi, saat dimasukkan dalam KBLI yang dimiliki itu tidak serta merta langsung efektif, kewenangan KBLI adalah kementrian karena resikonya tinggi, nanti setelah KBLI rampung akan diserahkan ke pemkot,” ungkapnya.

Ditanggapi oleh Pimpinan PT Citra Celebes Multimedia, Zulkarnain Halid bahwa ada beberapa poin saya garis bawahi adalah tentang retribusi daerah dan penertiban kabel optik.

“Izinkan saya menjelaskan terkait izin sebelum melaksanakan kegiatan di area Makassar, anggota penyelenggara telekomunikasi memiliki izin internet provider (izin jualan ke rumah-rumah, izin jasa telekomunikasi lokal (Izin penarikan kabel optik area kabupaten, izin jaringan terbuka tertutup antar kota, izin network konten internet,” tuturnya.

“Kami akan berbenah bersama-sama mencari solusi, membangun kerja sama, termasuk bagaimana berkonstribusi terhadap daerah,” tambah Zulkarnain Halid. 

“Saya pribadi mewakili teman-teman sami’na wa atho’na pada arahan pimpinan Komisi C dan jajarannya termasuk mengurus izin ke PTSP,” kuncinya. (***)

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *