Lestarikan Permainan Rakyat, UPT Taman Budaya Benteng Somba Opu Gelar Pameran Seni Rupa Tahun 2023

MAKASSAR,- Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sul-Sel dalam hal ini UPT Taman Budaya Benteng SombaOpu gelar pameran seni rupa yang bertempat di benteng Somba Opu dari tanggal 24 -26 Juli 2023 .

Kegiatan tersebut mengambil tema Melestarikan permainan rakyat melalui karya seni lukis, Mengingat saat ini permaina rakyat sudah jarang kita temukan apalagi dimainkan oleh anak anak. Mereka lebih asyik dengan teknologi jaman ini melalui game oline, menonton video dan terkesan individual.

Keberadaan permainan latto-latto tiba-tiba menjadi viral dan dimainkan diseluruh kalangan usia sementaraa diyakini permainan tersebut bukan produk sulawesi selatan Momen ini kemudian dimanfaatkan oleh Taman Budaya dengan menggelar
pameran seni rupa yang bertema permainan rakyat melalui karya seni lukis. Kita berharap tema ini menjadi alat komunikasi membangkitkan semangat generasi muda untuk mengenal lebih jauh jenis permainan rakyat sulsel”

Kepala UPT taman Budaya Benteng Somba Opu Hj.Nurwati , SE.,M.Si yang hadir sekaligus mebuka kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan pameran kali ini harus ada peningkatan dari tahun kmarin dimana tahun sebelumnya memamerkan sebanyak 45 lukisan dan tahun ni diharapkan lebih meningkat dengan target 60 buah lukisan dengan objek berfariasi

” Tentunya kegiatan ini menceritakan tentang kekayaan budaya daerah sulawesi-selatan yakni permainan rakyat yang berasal dari kearifan lokal tersebut dan dapat menjadi keunggulan yang kompetitif dan memiliki nilai tambah. Pameran ini diharapkan menjadi media bertukar gagasan dan pengalaman memperluas wacana pengembangan kekayaan serta menjadi ajang promosi budaya sulsel”

Kesadaran terkait perlunya pengembangan dan pelestarian seni rupa daerah oelhnya itu UPT taman budaya dinas kebudayaan dan kepariwisataan sulsel melakukan kegiatan dengan harapan kedepan generasi muda dapat mengembangkan imajinasinya dalam berkarya seni.

Perlu diketahui bahwa karya seni rupa yang bernilai tinggi tidaklah tergantung pada mahalnya bahan yang digunakan tetapi bagaimana kreatifitas untuk menghasilkan karya seni yang bernilai tinggi ramah lingkungan dan punya daya saing dengan karya seni lainya.

” Saya berharap agar peserta tetap aktif mengikuti kegiatan dan peserta dapat bermitra dengan taman budaya yang ketika dibutuhkan selalu siap menggelar karyanya” Tutupnya

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *