Maju Bacaleg Partai Golkar Dapil 2 Juniar Arge Fokus Edukasi Warga Terkait Fungsi Legislatif

MAKASSAR,- Pada saat Pemilu 2024 masyarakat akan melakukan Pemilu Legislatif (Pileg). 

Sejumlah figur mulai muncul, tak terkecuali di Kota Makassar, salah satunya Juniar Arge, dia adalah bakal calon legislatif (Bacaleg) dari Partai Golkar Kota Makassar.

Juniar merupakan putra dari budayawan Sulawesi Selatan almarhum Rahman Arge ini memantapkan niatnya untuk maju Bacaleg di Dapil II Makassar.

Diketahui, Dapil II Makassar meliputi Kecamatan Tallo, Bontoala, Ujung Tanah, Wajo dan Kepulauan Sangkarrang.

Juniar sendiri pernah duduk sebagai Anggota DPRD Makassar sebagai pengganti antarwaktu (PAW) Saharuddin Said yang berpindah partai dari Golkar PAN pada periode 2014-2019 lalu.

Ia merasa terpanggil untuk maju sebagai caleg Golkar lantaran menurutnya wakil rakyat yang ada saat ini krisis akan keterwakilan masyarakat di lapisan bawah.

Bahkan, Juniar bercerita bahwa fungsi DPRD Makassar jarang dipahami betul-betul oleh legislator, sehingga dalam menjalankan fungsinya tidak maksimal.

“Bahwa di DPRD sebenarnya bukan visi misi dan janji-janji politik yang kita bawa, tapi lebih kepada pendalaman soal fungsi dan tugas dewan itu sendiri yaitu fungsi budgeting, legislasi dan pengawasan,” kata Juniar saat ngopi santai bersama para sahabatnya dan rekan-rekan jurnalis di salah satu warkop bilangan Jalan Boulevard, Panakkukang.

Ia menerangkan juga bahwa masyarakat perlu diedukasi soal fungsi dan tugas dewan antara lain; Legislasi, berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah. Anggaran, Kewenangan dalam hal anggaran daerah(APBD). Pengawasan, Kewenangan mengontrol pelaksanaan perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah.

“Edukasi politik itu penting memahamkan masyarakat pentingnya partisipasi secara demokrasi. Di lain sisi, ini akan pelan-pelan meretas kuatnya arus money politik,” tuturnya.

Profil organisasi Juniar Arge :

1. Ketua Aspekindo Sulawesi Selatan (Sulsel).

2. Wakil Ketua Pemuda Pancasila Sulsel.

3. Anggota DPRD Kota Makassar, 2014-2019 Fraksi Golkar.

4. Ketua Dewan Kesenian Kota Makassar.

5. Wakil Ketua Bidang Organisasi Partai Golkar Kota Makassar.

6 . Pembina Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Sulsel.

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *