HMI Isipol Unhas Gelar Dialog Publik dan Maperca di Baruga Pettarani Unhas

MAKASSAR,- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Isipol Universitas Hasanuddin (Unhas) Cabang Makassar Timur  menyelenggarakan kegiatan Ðialog Publik dan Masa Perkenalan Calon Anggota (MAPERCA). Kegiatan ini dilaksanakan di Pelataran Baruga AP Petttarani Unhas, Jumat (8/9/).

Pada kegiatan ini dibuka dengan pembacaan doa dan menyanyikan mars Indonesia Raya, Mars HmI, dan Mars Kohati dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari Ketua Kohati Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Isipol Unhas, dan sambutan sekaligus membuka acara kegiatan oleh Ketua Umum Komisariat Isipol Unhas. 

Agenda yang disusun dalam kegiatan ini  terdiri dari Perkenalan Calon Anggota (MAPERCA)  dan Dialog Publik. Dalam MAPERCA yang disampaikan oleh Ketua Komisariat Isipol Unhas, Muhammad Raihan Kamal, yaitu sebagai pengenalan organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HmI)  kepada mahasiswa baru yang datang dalam kegiatan tersebut. 

“HmI sebagai organisasi Islam yang lahir yang berasaskan mempertahankan nilai-nilai NKRI dan meningkatkan derajat kebangsaan Indonesia serta mengembangkan kislmana. Kohati sebagai bidang pemberdayaan perempuan.” Ucap M. Raihan Kamal selaku Ketum Komisariat Isipol UNHAS

Lebih lanjut, dalam dialog publik dengan tema “Rembuk Politik, Demokrasi dan Kepemiluan, terdapat tiga narasumber yang menjadi pemateri, diantaranya Komisioner KPU Kota Makassar, Endang Sari, S IP M Si, Komisioner Bawaslu Kota Makassar, Risal Suaib S IP, dan Guru Besar Ilmu Politik FISIP Unhas, Prof. Armin Arsyad M Si.

Dalam dialog publik ini terdapat tiga sub pembahasan dari tema basarnya yaitu:

1. KPU dalam agenda Iklim Politik (suara) yang Bertanggung Jawab.

2. Menelaah Ungkapan Vox Populi, Vox Dei dalam Kepemiluan Masa Kini, dan 

3. Polemik Proporsional Terbuka atau Tertutup.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, Isu – isu terkait Kepemiluan mampu kembali di pertajam dan tidak lagi di nilai dari permukaan realitas sosial saja. 

Menutupi kegiatan ini terdapat sesi tanya jawab antara pemantik dan peserta diskusi dengan berbagai isu dan penjelasan konsep pengetahuan Ilmu Politik dalam skala Demokrasi dan Kepemiluan saat ini.

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *