Hiburan : Perbanyak Baca Al-Qur’an di Bulan Ramadan, Begini Keutamaannya

Banyak keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan yang bisa kita dapatkan. Membaca Al-Qur’an juga merupakan salah satu amalan sunah yang dapat menyempurnakan ibadah puasa.

Para ulama telah bersepakat bahwa Al-Quran diturunkan pada bulan Ramadan sebagaimana firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 185 tentang turunnya Al-Qur’an:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ
Artinya : “Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).”

Oleh karenanya di bulan Ramadan ini merupakan bulan terbaik untuk membaca Al- Quran karena pahalanya akan dilipatgandakan Allah.

Hal ini pula yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw di bulan Ramadan yang semakin intens membaca Al-Quran di Bulan Ramadan. Di bulan ini, malaikat Jibril mengajarinya tentang Al-Qur’an sebagaimana hadia nabi :

Dari Ibnu Abbas berkata, ‘Rasulullah saw adalah manusia yang paling lembut pada bulan Ramadan ketika malaikat Jibril menemuinya. Dan adalah Jibril yang mendatanginya setiap malam di bulan Ramadhan, di mana Jibril mengajarkannya Al-Qur’an. Sungguh Rasulullah saw orang yang paling lembut daripada angin yang berembus.” (HR Bukhari)

Ada banyak keutamaan di bulan Ramadan termasuk membaca Alquran yang pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah swt. hal ini disebutkan dalam hadis :

Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud, dia katakan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: ‘Barang siapa membaca satu huruf dari Al-Qur’an kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dibalas oleh Allah Ta’ala dengan sepuluh kebaikan. Tidak dikatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf’.” (HR At-Tirmidzi).

Disampaikan oleh: Prof Dr KH Kamaluddin Abunawas M Ag ( Ketua Bidang Pendidikan dan Pengkaderan Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Selatan ) pada program “Hikmah Bulan Ramadan (Hiburan)” yang tayang di YouTube MUI Sulsel pada Selasa 19 Maret 2024 .

Irfan Suba Raya

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *