Lembaga Adat LAPFS Sepakati Lokasi Pembangunan Rumah Adat Kerajaan Tallo 

MAKASSAR, Lembaga Adat Passereanta Firman Sombali Kerajaan Islam Kembar Gowa Tallo (LAPFS) Propinsi Sulawesi Selatan, menggelar pertemuan di kediaman Syarifuddin Daeng Punna atau SAdAP di Kecamatan Manggala, Kota Makassar. Ahad (28/4/2024)

Pertemuan itu dibungkus dengan rapat pemantapan pembangunan rumah adat Kerajaan Gowa Tallo.

Hadir dalam pertemuan itu 9 Gallarrang yang berada dalam naungan LAPFS Sulsel.

Syarifuddin Daeng Punna tercatat sebagai Dewan Penasehat LAPFS yang juga Dewan Pengawas Aset Kerajaan Kembar Islam Gowa Tallo.

Pemangku adat Kerajaan Tallo, Andi Iskandar Esa Daeng Pasore Karaeng Bonto Majanang, dalam sambutannya itu berharap agar para pengurus Passereanta Firman Sombali Kerajaan Islam Kembar Gowa Tallo dan para Gallarang untuk bersekapat rencana penetapan pembangunan Balla Lompoa Kerajaan Islam Kembar Gowa Tallo.

“Dalam kesempatan ini saya berharap dukungan semua pengurus LAPFS Sulsel untuk bersekapat menentukan lokasi pembangunan Balla Lompoa di Makassar,” ujar Andi Iskandar selaku ketua umum LAPFS.

Dari ratusan pengurus LAPFS dan 9 Gallarrang yang hadir, mayoritas mereka sepakati lokasi pembangunan Balla Lompoa itu berada di Tallo.

“Kita tidak bisa meninggalkan historis berdirinya Kerajaan Islam Kembar Gowa Tallo. Untuk lokasi saya pikir lebih baik dibangun di kecamatan Tallo,” tutur salah satu perwakilan Gallarrang yang hadir.

Pernyataan itu lalu disetujui oleh para Gallarang lainnya. Mendengar itu, Pimpinan sidang kemudian menanyakan kembali kepada para pengurus, apakah Tallo menjadi lokasi pembangunan Balla Lompoa.

“Jadi sudah kita sepakati bersama, lokasi pembangunan Balla Lompoa berada di Kecamatan Tallo. Apakah semua setuju?” tanya pimpinan sidang itu.

“Setuju,” jawab Pengurus LAPFS dan para Gallarang yang hadir.

Kepada Pengurus LAPFS dan para Gallarang yang hadir. SAdAP berharap agar mereka selalu bersatu dan kompak agar pembangunan Balla Lompoa dapat terwujud.

“Dengan semangat yang ada hari ini, Saya berharap tetap terjalin dan dan terawat dengan baik. Agar apa yang kita cita-citakan bersama dapat terwujud,” harap SAdAP yang juga Dewan Penasehat Gerakan Indonesia Baru itu.

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *