Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Selatan Rilis Agenda Kerja

Papua , – Ini Pernyataan Ketua Lembaga Majelis Rakyat Papua Selatan Damianus Katayu.S.IP.,MA (MRP PPS ) sendiri adalah lembaga Kultur Masyarakat Papua yang diamanatkan oleh UU Otsus Papua bagi masyarakat papua Selatan kepada (MRP PPS).Senin (06/05/2024).

Dalam 6 bulan berjalan, ada beberapa agenda yang secara internal kita lakukan. Juga kegiatan2 diluar.

setelah di Lantik 33 anggota (MRP) Provinsi Papua Selatan pada tanggal 6 November 2023.Lembaga inipun mulai melakukan tahapan-tahapan internal, bimtek-bimtek, pembahasan tata tertib, pemilihan ketua pelantikan unsur pimpinan dan pelantikan alat kelengkapan.

Mensikapi pemilu maka MRP melakukan penjaringan aspirasi dan juga mensosialisasikan caleg2 OAP di bulan Januari dan Februari inisiatif MRPS melalukan pertemuan dengan BPK Pj.Gubernur untuk menyelamatkan caleg-caleg orang asli papua di parlemen dan melalui sosialisasi dan penjaringan aspirasi masyarakat Papua Selatan namun kembali ke pilihan rakyat,

Adapun banyak faktor yang menyebabkan banyak caleg DPRD kabupaten kota, DPRD Provinsi,DPR-RI dan DPD RI orang asli Papua tidak mendapatkan kursi.namun itu semua kembali kepada pilihan politik masyarakat.

Dan setelah pemilihan ketua MPRS Damianus Katayu.S.IP.,MA. bersama dengan 33 anggota majelis rakyat Papua Selatan melakukan tahapan selanjutnya yaitu pemilihan ketua-ketua Pokja dan dalam MRPS sendiri memiliki tiga Pokja Adat,Pokja Perempuan dan Pokja Agama.

Ketua juga menegaskan bahwa ketua-ketua Pokja telah melakukan kerja-kerja sesuai tugas fungsinya masing-masing.

Pansus pendampingan terhadap mama Papua juga pengusaha asli Papua yang di dampingi oleh MRPS.

“Dalam waktu dekat akan diadakan pelantikan dua unsur pimpinan majelis rakyat Papua Selatan yaitu wakil ketua satu dan wakil ketua dua,kalau tidak ada kendala akan di Lantik pekan depan tanggal 14 mei 2024 mendatang “.ungkapnya.

Jika masyarakat Papua Selatan tidak merasa puas dengan kinerja MRP PPS maka silahkan datang kekantor MRP PPS untuk menanyakan langsung apa saja yang sudah di kerja oleh MRP PPS dan jika ada kritik dan saran silahkan buat pengaduan dalam bentuk tulisan.

Ketua MPRS meminta kepada seluruh Orang Asli Papua Selatan agar mendukung kerja-kerja majelis rakyat Papua Selatan sebab lembaga ini adalah lembaga Kultur Masyarakat Papua (OAP) Selatan guna mengangkat harkat dan martabat orang asli papua selatan.

” Ketua Majelis Rakyat Papua Selatan pun telah melakukan koordinasi dengan lembaga pendidikan kedinasan yaitu Lembaga Pendidikan IPDN, Lembaga Pendidikan Bintara TNI-POLRI Agar anak-anak asli Papua Selatan di akomodir lewat Jalur ampirmatif Ketua MRP PPS pun telah membentuk tim khusus untuk pengawalan anak-anak asli Papua Selatan yang telah masuk dalam jalur ampirmatif untuk mengikuti tes Casis TNI dan Polri tersebut “. ucapkan Yang Mulia Ketua MRP PPS.

“Ketua MPR PPS juga turun tangan langsung dalam hal menyelesaikan berbagai persoalan-persoalan yang terjadi di tengah masyarakat Papua Selatan beliau juga melakukan koordinasi dengan semua stakeholder agar bisa dapat membantu masyarakat asli Papua Selatan.tuturnya

Disela-sela wawancara ketua juga mengeluarkan stekmen bahwa terkait Calon Gubernur Provinsi Papua Selatan dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Selatan Harus Orang Asli Papua ini sudah final.

Majelis Rakyat Papua Selatan adalah pintu masuk untuk tahapan pemilihan yaitu setiap cagub dan cawagub harus mengantongi rekomendasi majelis rakyat papua.

Terkait Bupati dan Wakil Bupati belum ada putusan sebab dalam asosiasi ketua-ketua Majelis Rakyat Papua setanah Papua pekan depan akan ke jakarta guna mengajukan 23 naska akademik kepada Presiden Republik Indonesia guna mendapatkan payung hukumnya demi calon Bupati dan calon wakil bupati setanah Papua.

Pertemuan Asosiasi Ketua-ketua MRP setanah Papua dua kali di lakukan diantaranya di Timika Provinsi Papua Tengah yang sekiranya mendapatkan 9 point penting, dalam pertemuan selanjutnya di manukwari terdapat 23 point penting yang disusun dalam naskah akademik di Manokwari Papua Barat akan disampaikan kepada Presiden Republik Indonesia di Jakarta pekan depan.

Salah point penting yaitu terkait rekomendasi kepada pimpinan-pimpianan partai politik di jakarta agar memberikan rekomendasi kepada orang asli Papua yang mana telah mendapatkan rekomendasi.
dari setiap MRP se-provinsi di tanah Papua.

” Seruan bagi Orang Asli Papua, bagaimana MRP menjadi benteng terakhir untuk menyelamatkan orang asli Papua,maka MRP harus di dukung penuh sehingga bisa dapat menyelamatkan kepentingan orang asli sebab lembaga ini adalah lembaga Kultur yang dapat menyuarakan aspirasi langsung kepada setiap petinggi negara”, tutupnya (C)

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *