Tiba di Mekah ,KH Syamsul Bahri Laporkan Kondisi Jamaah Haji

Makassar,- Sekertaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel Dr KH Syamsul Bahri Abd Hamid Lc MA ikut memantau langsung kondisi persiapan ibadah haji pada Senin (13/6/2023).

Dalam unggahan videonya KH Syamsul Bahri melaporkan persiapan panitia Arab Saudi untuk menyambut para jamaah haji yang melakukan wukuf di Arafah.

“Saya berada di Padang Arafah sementara melihat dan memantau fasilitas haji yang akan dinikmati para calon haji. Saat ini sementara dilakukan perbaikan fasilitas seperti pemasangan AC ,tenda dan lainya, ” katanya.

Arafah merupakan satu kawasan dengan luas delapan Kilometer persegi di timur Mekah. Wukuf di Arafah adalah salah satu rukun haji utama dan jamaah haji harus tinggal (Wukuf ) di padang Arafah pada hari ke-9 Dzulhijjah.

Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Cokroaminoto ini juga juga melaporkan saat dirinya berada di Masjidil Haram pada pagi hari Selasa (14/5/2023) .

“Kondisi jamaah haji saat ini tak lagi berdesakan atau berhimpitan karena pengawasan yang dilakukan cukup ketat.Kamera drone terus memantau jamaah haji yang padat untuk diurai sesegera mungkin, bila terlihat berdesakan maka segera ditangani dengan cepat, ” katanya.

Sebelumnya Ia juga ikut memantau langsung fasilitas hotel untuk para jamaah asal Indonesia yang tak jauh dari Masjidil Haram seperti di Syisyah, Jarwal dan lainnya.

“Alhamdulillah sangat bagus fasilitas yang diberikan hotel seperti pelayanan bus kuning 24 jam bagi jamaah yang ingin melakukan ibadah di Masjid Haram.

“Terkait kondisi cuaca,di pagi hari terasa sejuk dan mulai panas ketika di siang hingga sore hari. Jika cuaca panas jamah lansia yang tidak kuat lagi ke Masjidil Haram,akan melaksanakan sholat di hotel yang ditempati yang pahalanya juga sama 100 ribu kali lipat dari pahala shalat di Tanah Air ,” ungkapnya.

Irfan Suba Raya

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *