Tamsil Linrung : Alokasi Dana Desa Harus di Tambah Agar Tercapai Kesejahteraan Masyarakat Hingga di Tingkat Bawah  

MAKASSAR,- Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulawesi Selatan melaksanakan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tingkat Regional Provinsi Sulawesi Selatan pada Jumat (16/6)

Workshop tersebut dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel dengan menghadirkan beberapa narasumber yang salah satunya adalah Anggota Komite IV DPD-RI, Tamsil Linrung.

Tamsil Linrung yang juga Wakil Ketua MPR-RI dalam kesempatannya menyampaikan pengalokasian dana desa  oleh pemerintah pusat sepenuhnya untuk mencapai tujuan nasional berbangsa. “Kita perlu mengantarkan masyarakat kita mencapai tujuan nasional yaitu memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia, yang demikian bisa diwujudkan dari pengalokasian dana desa”

Tamsil menyebut pembangunan di tingkat desa sangat berdampak secara langsung bagi masyarakat. Pengalokasian dana desa menjadikan anggaran negara tidak hanya dikelola oleh pemerintah pusat melainkan dikelola langsung oleh masyarakat di tingkat desa. “Dana desa menjadikan anggaran negara tidak lagi dibicarakan para elite di tingkat pusat, pengalokasian dana desa sepenuhnya dikelola langsung oleh masyarakat di tingkat desa, mereka yang lebih mengerti kebutuhan desanya”.

Tamsil menyampaikan alokasi dana desa merupakan perjuangan beberapa pihak. Ia menceritakan momen sewaktu menjadi bagian dari Badan Anggaran (Banggar) DPR-RI yang menyetujui adanya alokasi dana untuk desa. “Kami mengingat persis sewaktu menjabat sebagai Banggar DPR-RI, dimana kami memprioritaskan adanya alokasi khusus untuk dana pendidikan diluar mandatory spending 20% dan dana khusus untuk alokasi desa”.

Kini, Tamsil yang berperan sebagai anggota Komite IV DPD-RI yang membidangin perimbangan keuangan pusat dan daerah mengupayakan alokasi dana desa bisa ditingkatkan, ia mengusulkan adanya penambahan dana alokasi desa ditahun mendatang. “Melalui peran kami di DPD-RI, kami terus berupaya mendorong penambahan alokasi dana desa, kami sedang mengajukan rekomendasi ke pemerintah pusat untuk penambahan nilai alokasi untuk tahun mendatang”

Dihadapan para peserta yang sebagian besar dihadiri oleh aparat desa, Tamsil menyampaikan harapannya untuk bersama-sama mengelola dana desa dengan baik. Ia pun berharap tekad untuk mencapai tujuan nasional benar-benar ditunaikan melalui realisasi dana desa. “kita berharap dana desa yang nilainya sangat besar ini dapat dikelola dengan baik, karena bila alokasi ini dimaksimalkan, tujuan nasional pasti akan tercapai”

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *