Walikota Danny Sambut Baik Program Forum Sipakainge Pemuka Agama yang Digagas FKUB Kota Makassar

MAKASSAR, Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menerima audience Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Makassar di kediaman pribadi Jl. Amirullah No. 18 Makassar, Kamis 6 Juli 2023.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Makassar Prof. Arifuddin Ahmad didampingi oleh Taufan Muchtar Kepala Bidang Penanaman Nilai -Nilai Kebangsaan dan Bela Negara Badan Kesbangpol Kota Makassar serta sejumlah pengurus FKUB yang terdiri dari tokoh lintas agama, melaporkan program yang telah terlaksana di tahun 2022 lalu. Diantaranya Pembebtukan agen Perkuatan Keimanan Umat yang telah terlaksana pada 14 Kecamatan melalui Dewan Lorong yang ada. Sementara Satu Kecamatan yang belum yakni Kecamatan Kepulauan Sangkarrang diagendakan Tahun ini.

FKUB Kota Makassar mengajak Dewan Lorong untuk ikut andil dalam menjaga suasana kerukunan umat beragama ditengah-tengah masyarakat. Disamping itu, FKUB juga mensosialisasikan tentang kedudukan dan fungsi FKUB sebagai lembaga negara non struktural yang memiliki fungsi sebagaimana diatur dalam Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama Nomor 9 dan Nomor 8 Tahun 2006 yakni melakukan dialog antar umat beragama, menerima aspirasi masyarakat dan ormas keagamaan, melakukan sosialisasi dan kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama, dan bersama Kementerian Agama memberikan rekomendasi pendirian rumah ibadat, ujar Prof. Arifuddin Ahmad yang juga merupakan guru besar ilmu Hadits UIN Alauddin Makassar.

Walikota Makassar Danny Pomanto memberikan apresiasi atas kerja-kerja produktif dan inovasi program yang dilakukan selama ini, melalui Program Makassar Sikatutui FKUB Kota Makassar telah mengambil peran dalam membantu pemerintah Kota dalam menjaga ketentraman dan kondusifitas kota khususnya kerukunan antar umat beragama yang terjaga dengan baik.

Pada kesempatan tersebut, Danny Pomanto juga menyampaikan pengalamannya dengan beberapa kali karena kunjungan kerjanya diluar negeri. Misal yang terakhir dalam Brussel Summet 2023 dengan beberapa Walikota terkemuka di dunia, bagaimana Negara-Negara Barat hari ini mulai merasakan kegelisihan dimana interaksi sosial (social kohession) mengalami penurunan yang begitu besar, akibat kehidupan dunia digital dan individualistik.

Dalam audience Prof. Arifuddin Ahmad menyerahkan Buku Saku FKUB Kota Makassar kepada Walikota Makassar, yang menguraikan tentang kebijakan dan upaya-upaya pemeliharaan kerukunan umat beragama.

Diakhir pertemuan Walikota Makassar merespon dengan baik beberapa rencana program yang akan dilakukan FKUB Kota Makassar tahun ini, diantaranya pelaksanaan Forum Sipakainge Pemuka Agama yang akan dihelat pada bulan September yang akan datang, ujar Usman Sofian Ketua Bidang Kerjasama dan Media FKUB Kota Makassar.

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *