Basmin Mattayang, Luncurkan Bukunya, BAK Orasi Tentang Pemimpin Visioner, Penjaga Gawang Luwu

LUWU,- Bupati Luwu Dr.Drs.H.Basmin Mattayang Andi Sennu,M.Pd. meluncurkan bukunya berjudul “ Dr.Drs.H.Basmin Mattayang Andi Sennu, M.Pd. Pemimpin Visioner, Pendobrak Perubahan, Pembawa Kesejukan” pada Senin, Tgl 14 Agustus 2023 di Pusat Kuliner Kamanre, Belopa, Kab. Luwu. Acara launching Buku yang dihadiri Forkopimda Kab. Luwu, Bunda Baca Bunda Literasi Kabupaten Luwu, Dr.Hj. Hayarna Hakim Basmin, M.Si. Tokoh-tokoh Pemuda dan perempuan, dikemas dengan sederhana, santai dan hikmah yang digelar Dinas Kominfo Kab. Luwu.

Tokoh Literasi Bachtiar Adnan Kusuma, didapuk menjadi Pembicara Utama, menguraikan dan membedah Peran dan kiprah Bupati Luwu, Basmin Mattayang, merintis, membangun dan memajukan Kabupaten Luwu pada Periode pertama 2004-2009 dan periode kedua 2019-2024. Menurut Ketua Umum Forum Nasional Penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI, Opu Basmin Mattayang adalah pemimpin yang memulai debutnya dari anak tangga terbawa. Ia bukan pemimpin karbitan, melainkan pemimpin yang berproses dari bawah, guru yang pendidik menjadi Bupati.

Karena itu, BAK, menguraikan kalau Opu Basmin Mattayang seperti ketokohan dan kepemimpinan Mantan Perdana Menteri Malaysia, Dr. Tun Mahatir Muhammad, yang telah meletakkan pondasi dan mengukir sejarah leagazy di Malaysia. Misalnya, kata BAK, bagaimana Mahatir Muhammad, membangun gedung kembar di Kuala Lumpur, mendirikan pabrik mobil Troton dan merawat kebudayaan Melayu di Malaysia. “ Opu Basmin Mattayang seperti pemimpin Tun Mahatir Muhammad, pemimpin yang jujur, disegani dan dihormati rakyatnya karena telah mampu meletakkan pondasi yang kuat terhadap pembangunan fisik, ekonomi, kesehatan, perumahan, pendidikan dan kebudayaan di Luwu.

”Opu Basmin Mattayang adalah Arsitek pembangunan Kabupaten Luwu yang telah menanam Leagazy dengan mengembalikan kebudayaan Luwu yang apik. Salah satu caranya, kata BAK yaitu Opu Basmin mengharumkan dan mengabadikan nama-nama Pahlawan Luwu dan nama-nama Kebudayaan Luwu di berbagai OPD di Luwu. Misalnya saja Bandara Luwu Andi Djemma, Lapangan Andi Djemma, RSUD Batara Guru, Mal Pelayanan Publik Simpuriang dan Pusat Gedung Pertemuan Puang Kambo.

Seperti novel, kalau ditulis akan berjilid-jilid karya dan dedikasi Opu Basmin Mattayang di Kab. Luwu. “ Pemimpin visioner yang bergerak dengan konsep dasar yang kuat, untuk masa depan Luwu yang lebih baik” tegas BAK. Dalam buku Opu Basmin Mattayang terdiri dari 154 halaman, diterbitkan Edisi Luks dengan menguraikan tiga bagian besar yaitu Masa Kecil, Remaja dan Mahasiswa, Bagian Kedua, Berkarier dan Memenuhi Panggilan Pengabdian di Luwu, Memandu pemajuan Luwu dan Bagian Ketiga, Apa Kata Masyarakat Tentang Opu Basmin Mattayang.

Sementara itu, Dr.Drs.H.Basmin Mattayang Andi Sennu, M.Pd. menegaskan kalau dirinya banyak diminta untuk ditulis dan diterbitkan dirinya menjadi buku dari penulis Jawa, Yogya dan Jakarta. Namun, ia menolak dengan alasan kalau apa yang ditulis belum tentu sesuai dengan karakter, alur pikir dan tidak sesuai nalar saya dan pemikiran serta arah pandangan hidupnya. “ Saya menghubungi adinda BAK untuk minta ditulis tentang biografi saya, selain BAK mengetahui betul karakter dan tipikal saya juga BAK adalah penulis profesional yang telah menulis buku pertama saya berjudul” Basmin Mattayang, Dari Guru Hingga Bupati” pada 2006.” Malam ini, saya kembali meluncurkan buku kedua saya yang ditulis BAK berjudul” Dr.Drs.H.Basmin Mattayang,M.Pd. Pemimpin Visioner, Pendobrak Perubahan, Pembawa Kesejukan”.

Saya bersyukur karena dalam waktu singkat tiga bulan buku ini selesai dan diluncurkan bertepatan dengan menyambut HUT Kemerdekaan RI, Tgl 17 Agustus 2023” kata Basmin Mattayang.

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *