PRK MUI Sulsel Jadi Pemateri FGD di Pangkep, Bahas Kearifan Lokal

Makassar,- Pengurus komisi Perempuan,Remaja dan Keluarga (PRK) Majelis Ulama Indonesia (MUI Sulsel) Dr Hj Nursetiawati M Ag, PhD menjadi pemateri pada acara Fokus Grub Diskusi (FGD) pada yang diadakan oleh PRK MUI Kabupaten Pangkep.

Hj Nursetiawati membawakan materi kearifan lokal tentang Pencegahan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kabupaten Pangkep.Acara berlangsung di Aula Kantor Bupati Pangkep Selasa (22/8/2023).

Dalam pemaparannya Hj Nursetiawati mengungkapkan banyak budaya Bugis dan Makassar mulai hilang akibat perkembangan zaman.

“Misalnya nilai kearifan lokal tentang menjaga anak. Dalam tradisi orang tua dahulu mereka melarang anak gadisnya untuk tidak keluar malam.Ini sebagai bentuk pencegahan terhadap anak agar terhindar dari masalah kekerasan seksual dan lainya,” katanya.

Lebih lanjut Wakil Dekan IV Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muslim Indonesia (UMI) ini menjelaskan ada beberapa nilai kearifan lokal dalam ketahanan keluarga misalnya: Gotong royong, hormat kepada orang tua dan adaptasi dengan lingkungan.

Lanjutnya,keluarga yang melakukan gotong royong lebih mampu mengatasi tantangan bersama . Menghormati orang tua dan leluhur adalah nilai kearifan lokal yang bisa menciptakan keluarga yang kuat dan memelihara tradisi turun temurun. Begitupun adaptasi dengan lingkungan mencerminkan cara hidup yang sesuai dengan lingkungan sekitar.

Sementara itu peran kearifan lokal dalam ketahanan pangan keluarga sangat banyak diantaranya mengajarkan untuk saling menghormati ,etika yang baik ,ketrampilan hidup, hubungan sosial yang kokoh dan lainya.

Ketua MUI Kabupeten Pangkep KH Abubakar Sapa dalam sambutan penutupnya mengatakan banyak kekerasan perempuan dan anak menjadi perhatian kita bersama terutama di MUI.”Semoga diskusi menghasilkan rumusan tentang pencegahan kekerasan perempuan dan anak,” katanya.

Acara FGD Ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Pangkep, Syahban Sammana .

Turut hadir sebagai pemateri, Ketua PPRK MUI Pangkep dr Hj Herlina MM, Kakandep H Muh Nur Halik S Sos MA dan Kadis Kesehatan Hj Herlina M Kes.

Pengurus PRK MUI Sulsel yang hadir, Hj Masnawati Mappasawang SH M Kn dan Dr Hj Darmawati H M HI.

Irfan Suba Raya

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *