Prof Muammar : Syiar Islam Lewat Media Digital Bagian Dari Tabligh

MAKASSAR,- Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel Pro Dr KH Muammar Bakry Lc M Ag mengatakan syiar Islam melalui media digital merupakan bagian dari tabligh.

Prof Muammar mengungkapkan hal tersebut saat mengisi materi pada acara Literasi Media Digital (Via Online) di Hotel Raising Jln Prof Abdurrahman Basalamah Makassar Sabtu (4/11/2023).

Prof Muammar menjelaskan tabligh artinya menyampaikan atau menyebarkan suatu pesan atau informasi.Tabligh juga bagaian dari sunnah nabi yang harus diikuti oleh para ulama.

“Dalam konteks agama Islam, istilah tabligh merujuk pada aktivitas dakwah atau usaha untuk menyebarkan ajaran Islam dan mengajak orang lain untuk mengamalkannya termasuk melalui media digital, ” jelasnya.

Lanjutnya Nabi diutus untuk menyampaikan kebenaran atau disebut tabligh sehingga dalam Alquran Allah swt berfirman “Dan Kami tidak mengutus seorang rasul pun, melainkan dengan bahasa kaumnya, agar dia dapat memberi penjelasan kepada mereka (QS Ibrahim: 4).

“Menyiarkan informasi dakwah melalui media merupakan salah satu pengertian tablig dalam konteks kekinian. Bahkan jika kita menyiarkan dakwah melalui media maka pembacanya lebih banyak bahkan sampai ke seluruh dunia dan akan tersimpan terus di Google atau media sosial lainya, “ulasnya .

Prof Muammar mengajak kepada peserta Pelatihan Literasi Media Digital agar memaksimalkan potensi dakwah melalui media digital yang menurutnya lebih efisien.

“Apa yang kita rekam dan upload di media sosial akan menjadi amal jariah ketika kita sudah tidak ada lagi di dunia. Kita berharap peran ulama muda ini untuk memaksimalkan potensi dakwah melalui media digital yang dimiliki oleh MUI dan BAZNAS.

Acara yang digelar MUI Sulsel dengan BAZNAS Sulsel ini dihadiri oleh puluhan peserta yang juga merupakan alumni pengkaderan Ulama Putri MUI Sulsel 2023.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Umum MUI Sulsel yang didampingi oleh ketua umum Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sulsel Dr dr M Khidir Alwi dan Ketua Bidang Infokom MUI Sulsel Dr HM Ishaq Samad.

Irfan Suba Raya

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *