Curhat Eks Napiter Bangun Yayasan Rumah Moderasi di Makassar

MAKASSAR,- Curahan hati Eks napiter bom Thamrin Jakarta Suryadi Masud dirikan yayasan rumah moderasi khusus untuk mantan tahanan narapidana terorisme khusus di kota Makassar.

Sebagai Yayasan yang umurnya baru seumuran jagung, belum punya sekretariat tetap, belum punya nomor rekening, serta belum memiliki perangkat organisasi selain Ketua, Wakil, dan Bendahara. Inilah Yayasan Rumah Moderasi Makassar yg masih sangat jauh dari yg namanya sempurna

Walaupun seperti itu keadaannya اYayasan telah berusaha untuk memenuhi target dari dua program kerjanya, yaitu:

Menjadikan warga Yayasan dan keluarganya mandiri secara finansial, Mengentaskan pendidikan bagj putra-putri para mantan narapidana teroris.

Berangkat dari rumah moderasi inilah Suryadi menginisiasi lapangan pekerjaan serta membuat terobosan-terobosan akan peluang-peluang usaha. Ini untuk memandirikan para warga Yayasan secara finansial.

“Adapun mengenai pendidikan bagi anak-anak para mantan teroris adalah dengan memasukkan mereka ke sekolah-sekolah milik pemerintah mulai dari tingkat SD sampai tingkat SMU/SMK serta membuat Rumah Belajar” Ungkap Suryadi

Yayasan juga telah melakukan upaya-upaya deradikalisasi di kalangan warga yayasan dan bekerjasama dengan pihak-pihak lain dalam kampanye anti radikalisme, intoleransi, dan terorisme.

Makin banyaknya mantan napi teroris membuat makin banyak pula potensi yg bisa termanfaatkan untuk menjalankan program-program kerja Yayasan dan membuat terobosan-terobosan dengan ide-ide kreatif, diantaranya adalah :

a. Lebih mengeksplor media sebagai alat dan media usaha dengan mensinergikannya dengan usaha-usaha offline yg telah dibuat oleh warga yayasan.

b. Membuat semacam holding company dimana yayasan sebagai owner dari beberapa usaha yg bersinergi antara satu dengan lainnya contoh usaha peternakan ayam, usaha catering, usaha RPH=Rumah Potong Hewan, distribusi dan penjualannya, serta usaha-usaha yg berkaitan.

c. Membuat lembaga semacam Baitul Maal yang menampung zakat, infaq, shodaqoh dari warga yayasan maupun dari luar yayasan dan menjadikan Baitul Maal sebagai lembaga penyalur kredit syariah kepada para pelaku usaha dari warga yayasan.

d. Membuat sekolah semi pondok dengan materi2 agama dan penguatan nilai2 kebangsaan serta materi-materi pokok pelajaran sesuai kurikulum yg dimodifikasi sesuai dengan bakat, minat, serta kemampuan anak didik. Juga menggabungkan dengan materi2 praktek keterampilan usaha.

e. Memasukkan materi tahfidzul qur an dan membuat suasana serta pengkondisian Bahasa Arab dan Inggris secara praktek.

f. Menginisiasi terbentuknya English and Arab Villages (Kampung Arab dan Kampung Inggris).

g. Membuat PAUD, melatih kepemimpinan, kerjasama, serta kemandirian lewat program kepanduan. Membuat team tanggap darurat bencana (Quick Respon Team).

h. Mengusahakan adanya perangkat ambulance gratis serta klinik 24 jam.

i. Yayasan juga berusaha menginisiasi terbentuknya Pusat Deradikalisasi Islam Rahmatan lil alamin yg menggabungkan antara kematangan pemahaman agama, toleransi, serta kesadaran akan kebangsaan dan kewarganegaraan.

Inilah kira-kira target kerja kedepannya dari Yayasan Rumah Moderasi Makassar.

Target-target tersebut adalah implementasi dari dua program kerja yayasan, mandiri secara finansial dan mengentaskan pendidikan anak.

“Inilah refleksi perjalanan Yayasan Rumah Moderasi Makassar dan proyeksi rencana-rencana kedepannya insya Allaah. Semoga Allaah menolong dan meridhoi apa yg dicita-citakan” Tutup Suryadi

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *