MUI Sulsel, Gurutta Ambo Dalle Layak Mendapat Gelar Pahlawan

MAKASSAR,- Sekertaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel Prof DR KH Muammar Bakry Lc MA mengapresiasi sekaligus bangga atas upaya Lembaga Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengajukan usulan terhadap Anregurutta (AGH) Abdurahman Ambo Dalle sebagai pahlawan nasional Indonesia.

Menurutnya Gurutta Ambo Dalle layak mendapat gelar pahlawan karena selalu berkolaborasi dengan pemerintah dalam membangun dunia pendidikan, terbukti dengan adanya pesantren DDI yang sampai sekarang tersebar dimana-dimana.

“Beliau adalah sosok ulama kharismatik dan panutan yang berdakwa dengan ideologi Islam moderat,” katanya yang juga merupakan Sekertaris Umum DDI Wal-Irsyad PW Sulsel disela kehadirannya pada acara Seminar Nasional Kepahlawanan Anre Gurutta Ambo Dalle di Hotel Mercure Makassar,Sabtu (22/7/2023).

Hal yang sama diungkapkan Sekertaris Komisi Hubungan Kerjasama Internasional MUI Sulsel Dr KH Muh Najib Tabhan Lc MA yang juga mendukung Gurutta Ambo Dalle layak digelar pahlawan.

Alasannya pengabdian di dunia pendidikan dengan pesantren DDI yang begitu banyak bahkan sampe ke Malaysia.

Najib Tabhan yang juga Alumni DDI Pinrang ini melanjutkan Gurutta Ambo Dalle sangat peka terhadap masyarakat bahkan beliau bisa bergaul dengan siapapun. “Meski ditawan dalam hutan beliau tetap berdakwah dan mendidik, “katanya disela kehadirannya.

Mewakili Gubernur Sulsel Drs H Andi Irawan Bintang, MT (Kadinsos Prov Sulsel) memberi sambutan sekaligus membuka acara seminar.

“Atas nama Pemprov Sulsel kami sangat mengapresiasi kepada panitia dan pengurus DDI yang berjuang untuk gelar kepahlawanan Anre Gurutta Ambo Dalle yang sangat besar pengabdian di bidang pendidikan,” katanya.

“Gurutta Ambo Dalle adalah tokoh agama yang mengabdikan hidupnya untuk agama, ulama yang sangat kharismatik dan pejuang pendidikan, ” katanya saat membacakan sambutan Gubernur Sulsel H Andi Sudirman Sulaiman.

Gurutta Ambo Dalle sangat berjasa mendirikan pesantren dan sekolah di Sulsel. “Dari beliau kita belajar bahwa perjuangan bukan hanya dengan dengan mengangkat senjata saja tapi juga dengan pendidikan, “.

Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi dalam sambutanya juga memaparkan ada empat alasan Gurutta Ambo Dalle layak menjadi Pahlawan Nasional diantaranya : pengabdian di bidang pendidikan,Agama, perjuangan melawan Belanda dan meraih Bintang Mahaputera Nararya dari presiden BJ Habibie pada tahun 1999.

Acara dilanjutkan dengan seminar dengan menghadirkan narasumber diantaranya: AG H Helmi Ali Yafie(Wakil Ketua Umum PB DDI) Dr Sri Margana M Phil, Dr A Suryadi Mappangara, M Hum dan Faried F Saenong PhD.

Turut hadir AG Prof Dr HM Faried Wadjedy Lc MA ,anggota DPRD Sulsel Andi Muhammad Irfan AB, dan Meity Rahmatia,Ketua KPU Sulsel Hasbullah, perwakilan Polda Sulsel, perwakilan Pangdam XIV Hasanuddin, dan berbagai tamu undangan lainnya.

Irfan Suba Raya

Pos terkait

banner 300600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *