Guru dan Siswa SMK 1 Bulukumba Mengikuti Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelegence

Bulukumba ,- Teknologi canggih sekarang ini telah menghadirkan kecerdasan buatan yang banyak membantu aktivitas manusia. Namun, masih banyak orang termasuk para pendidik dan pelajar yang gagap kecanggihan teknologi informasi kekinian tersebut.18-08-2023

Guru atau Pendidik di era modern harus mampu paham tentang teknologi informasi minimal setingkat di atas siswa-siswi mereka. Untuk menggenjot pemahaman guru terhadap kecanggihan kecerdasan buatan itu,  Tim Pengabdi dari Universitas Negeri Makassar, yang terdiri dari Wakil Dekan 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Samirah Dunakhir, S.E., M.Buss., Ph.D., Ak., CA., Ketua Jurusan Ilmu Akuntansi, Dra. Hariany Idris, M.Si., Ketua Program Studi Akuntansi S1, Mukhammad Idrus, S.E., M.Si., Ak., CA., serta dosen akuntansi, Warka Syachbrani, S.E., M.Sc., Ak., CA., Masdar Ryketeng, S.Pd., M.Acc., Ak., ACPA., dan Nurafni Oktaviyah, S.E., M.Ak., melakukan pelatihan tentang Artificial Intelligence (AI) kepada para guru dan siswa di SMK 1 Bulukumba.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang AI serta memperkenalkan penggunaannya dalam mendukung proses pembelajaran. Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 18 Agustus 2023 di Aula SMK 1 Bulukumba, Jl. Teratai, Caile, Kecamatan Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba.

Mengabdi dan membantu ini mendapat tanggapan positif dari para guru. Dengan topik yang menarik, yaitu pemanfaatan AI dalam pembuatan slide presentasi otomatis, para peserta awalnya bingung namun semakin tertarik seiring berjalannya pelatihan.

“Awalnya saya sama sekali tidak tahu apa itu AI, tapi setelah dijelaskan dan dipraktikkan, saya merasa sangat tertarik. Teknologi ini bisa sangat membantu kami dalam membuat materi pembelajaran yang menarik dan berbeda,” ungkap salah satu peserta pelatihan.

Pada pelatihan ini, narasumber menjelaskan secara komprehensif tentang konsep AI serta memandu peserta untuk menggunakan AI dalam pembuatan slide presentasi menggunakan platform seperti Canva dan simplified.com. Guru-guru awalnya merasa terheran-heran dengan kecanggihan AI, namun semakin senang dan antusias ketika berhasil menciptakan presentasi menarik dengan cepat.

Warka Syachbrani, salah satu narasumber mengatakan sangat senang bisa membantu para guru dan siswa dalam memahami dan menerapkan AI dalam pembelajaran. “Allhamdulillah respons peserta yang antusias membuat saya semakin yakin bahwa teknologi ini dapat membawa perubahan positif dalam pendidikan di masa depan,”ujarnya.

Dalam pelatihan ini, tidak hanya penerangan tentang konsep AI yang diberikan, tetapi juga pelatihan penggunaan Google Drive dan sosialisai kampus dan dunia perkuliahan bagi pada siswa SMK.

Dengan suksesnya pelatihan ini, Tim Pengabdi dari UNM berharap bahwa penggunaan AI akan semakin terintegrasi dalam pembelajaran dan memberikan dampak positif pada kualitas pembelajaran di sekolah ini. Para guru sendiri berharap akan adanya pelatihan lanjutan untuk menggali lebih dalam potensi teknologi ini.

Semakin banyak inisiatif semacam ini yang dilakukan oleh para akademisi dalam bentuk kegiatan pengabdian, maka semakin terbuka peluang untuk memperkaya pengalaman pendidikan dan mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan teknologi di masa depan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *